Seni Pertunjukan Debus Membudaya Di Garut

Tak hanya dimeriahkan seni tari dan seni tarik suara, gebyar budaya garut, dimeriahkan juga dengan seni tradisional silat yang di campur dengan debus, debus yang di pamerkan merupakan debus yang dilakukan oleh warga garut asli Rabu (22/02/17)

Dalam pagelaran budaya kali ini, seniman garut menampilkan kekuatan badan yang kebal terhadap senjata tajam golok, bahkan tak tanggung-tanggung dalam aksinya rombongan gelar budaya dari pamempeuk. Yang memperagakan adegan memotong leher dengan peraga camat secara langsung, dan sontak penonton berteriak histeris, karena ngilu dan takut, namun beberapa kali pembawa acara memperingatkan semua penonton agar tidak meniru adegan tersebut.

Adam hendra (23) warga bungbulang yang sengaja datang untuk menyaksikan acara tahunan ini mengatakan bahwa ” budaya asli garut ternyata sangat luar biasa ber aneka ragam”. namun dirinya berkomentar mengenai seni debus yang dilakukan beberapa daerah memiliki kesamaan dengan mempwrlihatkan tubuh kebal senjata, namun setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, namun sayang belum memiliki hak cipta”.

DI tempat berbeda Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud) Budi Gangan membenarkan belum adanya pendaftran untuk hak cipta budaya “bahkan kabupaten garut ini perda khusus mengenai seni budaya belum ada, karena perlu kajian mendalam dan naskah akademik.”Pungkasnya

(Van)