Polisi Ciduk Kades Diduga Korupsi Dana Desa Rp1,4 Miliar

Yyn oknum Kades di Garut, saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Limbangan

Seorang oknum Kepala Desa (Kades) di Garut, Jawa Barat, Sabtu (25/2/2017) siang, dibekuk ke Mapolsek Limbangan, Kabupaten Garut, lantaran diduga telah melakukan tindak pidana korupsi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2015/2016 senilai Rp 1,4 Miliar dengan kerugian uang negara Rp 500 Juta.

Selain diduga melakukan tindak pidana korupsi, Yyn Kepala Desa Cigagade, Kecamatan Limbangan, melakukan tindak pidana tipu gelap tiga buah kendaraan roda empat.

Kapolsek Limbangan, Kompol Asep Suherli kepada wartawan mengatakan bahwa ” Ya, kami sudah menangkap seorang oknum Kepala Desa, di kediamannya, Penangkapan tersebut dilakukan lantaran diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana tipu gelap,” Sabtu (25/2/2017).

Menurut Asep “awalnya oknum kades saat dilakukan pemeriksaan tidak mengakui perbuatan tindak pidana korupsinya, Namun setelah penyidik mendapatkan data kerugian negara dari pihak Insfektorat Garut, oknum kades tersebut mengakui perbuatannya”.

” Berdasarkan penyelidikan dan hasil pemeriksaan Insfektorat, kerugian uang negara mencapai Rp500 Juta lebih, Diduga telah melakukan Tipikor, dari program Dana Desa, untuk pengrjaan jembatan jalan desa,” jelasnya.

Dikatakan Asep, selain telah melakukan tindak pidana korupsi, Yyn, Kades Cigagade juga melakukan tindak pidana tipu gelap tiga unit kendaraan, Ada dua perkara tindakan hukum yang dilakukan kades tersebut.

” Ada dua perkara yang kami tangani sekaligus, Untuk Tindak Pidana Korupsi, kasusnya akan dilimpahkan ke Polres Garut sedangkan untuk tindak pidana tipu gelap langsung ditangani Reskrim Polsek Limbangan,” Tukasnya

Diakuinya, pada saat dilakukan penangkapan di kediamannya, Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) oknum kades tersebut tidak berkutik dan langsung di boyong ke Mapolsek Limbangan.
(Van)