Garut Programkan Pembangunan Yang Berpengaruh ke Berbagai Sektor

Agis ismail disela-sela musrembang

Dalam Musyawaran Perencanaan Pembangunan kabupaten garut tahun 2017 di gedung pendopo kabupaten Garut Rabu (08/03/17) yang dihadiri sejumlah SKPD kabupaten Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611 Garut, Perangkat Desa, dan Perwakilan Masyarakat.

Dalam musrembang tersebut dibahas rencana pembangunan tahunan garut yang benar-benar prioritas, dalam hal ini kabupaten garut fokus dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi kerakyatan, dan pelayanan publik, menurut Agis Ismail Sekretaris BAPEDA Garut Mengutip yang di paparkan Sekda Garut Iman Ali Rahman Bahwa DAU saat ini sangat fleksibel kemungkinan naik turunnya sangat besar.

Namun Agis Menambahkan bahwa “Pemkab Garut, akan terus merencanakan pembangunan yang nantinya akan berdampak kepada sektor yang lain, agis mencontohkan pembangunan di bidang jalan di wilayah selatan dampaknya tidak hanya di rasakan oleh masyarakat yang ada di wilayah selatan”.

“Namun masyarakat yang ada di wilayah tengahpun merasakan dampak dari pembangunan tersebut, misal hasil bumi atau hasil tangkapan ikan di garut selatan, jika infrastrukturnya bagus maka pengiriman ke wilayah lain akan cepat dan harga pasti akan lebih murah jika kondisi jalan sudah baik”.

Masih menurut agis “Penyebab tertinggalnya pembangunan kita saat ini akibat dari kurangnya investasi di bidang infrastruktur, apa yang menyebabkan kita jauh dari Malaysia dan Thailand dari segi pembangunan, jalan tol saja kita baru memiliki di tahun 80-an itu juga baru Jagorawi, tahun 90-an kita punya tol Cikampek dan cikopo kemudian berikutnya nambah lagi cipularang”.

“Padahal luas wilayah kita begitu besar dan orientasi pembangunan kita lebih banyak orientasinya di darat, saya analogikan jalan itu bagaikan urat nadi yang bisa mengalirkan orang dan barang yang bisa mendukung percepatan ekonomi, semakin lancar maka akan berpengaruh terhadap harga jual”.

Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang memiliki dampak terhadap sektor lain, misalkan pembangunan di lintas selatan akan memberikan dampak terhadap yang ada di utara dan tengah”Tukasnya.
(Van)