Situ Bagendit Objek Wisata Garut Dengan Cerita Legenda, Siap Manjakan Wisatawan Yang Datang

3
381

Situ Bagendit adalah objek Wisata Alam berlokasi di Jalan Raya Banyuresmi Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, objek wisata yang ramai dengan cerita rakyat yang mengisahkan tenggelamnya seorang wanita kaya, bernama nyi endit ini selalu padat di datangi pengunjung dari berbagai kota hanya untuk menikmati keindahan situ atau danau yang dikenal dengan cerita legendanya.

 

 

 

Dari pusat kota hanya berjarak 6 Km dengan akses jalan bagus sudah beraspal dan bisa di lalui kendaraan pribadi atau kendaraan umum, objek wisata yang meimiliki luas 124 Ha, di sini pengunjung boleh menikmati sarana yang ada, kolam renang hiburan dan kolam renang prestasi, kereta api mini (mini train), 60 buah rakit, 11 buah sepeda air bangku taman dan 6 buah shelter pos tiket, taman bermain dengan vegetasi peneduh dengan kondisi yang cukup terawat, 1 buah Mesjid 1 buah musholla dan 10 buah tempat sampah dan tempat parkir dengan luas 1.400 m² dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi dan 180 kendaraan bermotor.

Apabila pengunjung ingin bermalam dapat menggunakan fasilitas akomodasi yang berada di Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Tarogong Kaler Kawasan Cipanas dengan menempuh jarak ± 4 km. Sedangkan fasilitas makan minum yang berada di sekitar objek ini adalah Rumah  Makan Ayam Goreng yang terletak di Jalan Otista.

Objek wisata Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi sebagai berikut:

Utara              : Desa Leuwigoong

Selatan           : Desa Garut Kota

Timur             : Desa Wanaraja

Barat              : Desa Tarogong Kaler

Aktivitas Wisata yang  dapat  dilakukan di Situ Bagendit, pengunjung bisa menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit dan Sosoangan. Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan dan kegiatan bersepeda air.

Objek wisata ini berstatus kepemilikan berada di tangan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut (SDAP) kewenangan di Sektor Parawisata dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan pihak swasta.  Berdasarkan Perda No.14 Tahun 2005 harga tiket masuk ke kawasan ini Rp.2.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 1.000 per orang untuk anak-anak.

Objek dan daya tarik wisata alam Situ Bagendit memiliki kualitas lingkungan, kebersihan dan bentang alam dalam kondisi yang baik. Bangunan-bangunan yang terdapat di kawasan ini, baik yang permanen maupun semi permanen, dalam kondisi terawat baik.

Sumber : Disparbud Kabupaten Garut