Kodim 0611 Garut Gelar Acara Bakti Sosial Kes, Guna Tingkatkan Tumbuh Seimbang Masyarakat Sehat

0
45

Dengan program Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Kodim 0611/Garut bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA), gelar pencanangan Bakti TNI KB Kes Terpadu Tahun 2017, dengan tema.

“ Melalui Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Kita Sukseskan Program KKBPK Dalam Mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Masyarakat Sehat.”yang berlangsung dilapangan Makodim.

Kegiatan pencanangan Bakti sosial TNI KB Kesehatan Tahun 2017 tersebut, secara resmi dibuka oleh Dandim 0611/Garut dengan ditandai penabuhan kendang. Rabu(9/8/2017) Siang.

Usai acara kepada sejumlah media Dandim 0611/Garut Letkol Arm Setyo Hani mengatakan, TNI Kesehatan Terpadu ini merupakan sebagai mana program dari pimpinan TNI, itu bertujuan selain untuk Kemanunggalan TNI bersama dengan rakyat, juga untuk meningkatkan peran aktif dan kontribusi positif kepda terhadap pembangunan masyarakat khususnya.

Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Garut, Toni T Somantri, Dandim 0611 Garut Letkol Arm Setyo Hani usai acara dengan sejumlah media di Makodim Garut

“Jadi dengan program KB Kes ini bisa mewujudkan ketahanan masyarakat, ketahanan keluarga dan tentunya yang pada akhirnya akan menjadi ketahanan wilayah, menjadi faktor dalam ketahanan kestabilitas di masyarakat, sehingga kami beserta jajaran di kodim Garut ini akan berupaya secara maksimal  bekerjasama dengan kepala BKKBN dan DPPKBPPPA kabupaten Garut, untuk bisa mensukseskan,” Katanya.

Lanjut dikatakan untuk tahun ini program KB kes ditahun ini akan lebih maksimal, “saya akan mengenfos jajaran saya untuk betul-betul secara konkrit melakukan pendampingan untuk terus bersosialisasi kepada masyarakat, memberikan arti penting KB ini sehingga sasarannya dapat tercapai dan lebih optimal, dan berharap KB ditahun ini bisa mendapatkan apresiasi yang lebih dari pemerintah Dunia,” Harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut, Toni T Somantri, menjelaskan, untuk program KB ini memang diakui masih ada kendala, seperti yang dikatakan tadi pa Asda, untuk menuju penduduk tumbuh seimbang.

” Menurut data BPS tahun 2010 LPP kita masih 1,9 LPP kita. Rata-rata satu keluarga memiliki anak dua atau tiga TPRnya 2,56 itu berarti yang menjadi kendala di Garut.” Ujarnya

Lanjut dikatakan Toni untuk target TNI KB Kes terpadu ini ingin memprioritaskan pelayanan KB metode jangka panjang.

“target tahun ini kita ingin mencapai penggunaan alat kontrasepsi metode jangka panjang ini 25% dan yang sekarang ini baru mencapai 24% berarti tinggal satu pesen lagi, akan tetapi yang satu persen itu harus dicapai oleh sejumlah sektor baru sebanyak lima ribu, sampai KB Baru penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang, Karna alaat kontrasepsi inilah yang bisa mengendalikan rentannya Drouf out peserta KB,” Pungkasnya.
(Evan S Rohman)

LEAVE A REPLY