Dandim Garut : Indonesia Tidak Boleh Ada Ideologi Lain Selain Pancasila

RADIO RUGERI – Gencarnya Pemutaran Film Sejarah G30SPKI di beberapa tempat di Kabupaten Garut sepekan terakhir ini, merupakan buah dari Instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, hal tersebut bertujuan agar masyarakat mengenal kembali sejarah Indonesia yang mengalami masa kelam, Minggu (01/10/17).

Menurut Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Arm Setyo Hani kepada sejumlah media menjelaskan, Bahwa Nobar film G30SPKI merupakan media sebagai pengingat sejarah kelam dan sejarah perjuangan Negara Indoesia (NI) menurut Setyo masyarakat perlu tahu bahwa tidak hanya pada tanggal 30 September saja peristiwa pemberontakan oleh PKI tersebut.

“Masyarakat perlu tau sejarah, terutama masa kelam yang terjadi di negara Indonesia dan gerakan komunis saat itu bukan yang pertama, tetapi ada gerakan lainnya sebelum itu, namun pada tanggal 30 September merupakan puncak pergerakan mereka, yang ingin mengganti ideologi Pancasila menjadi komunis, dengan cara menculik dan membunuh para jenderal ,” Tegas orang nomor 1 kodim itu.

Menurut Setyo pihaknya tidak membahas bagai mana film itu dibuat pasalny isi dari film itu sudah mewakili hal-hal yang terjadi pada masa itu, dengan pengambilan data dari narasumber yang terlibat langsung, seperti saksi mata dan saksi hidup.

“Cara menyikapinya adalah, kita selaku generasi bangsa khusus nya generasi muda yang notabene tidak pernah melihat film ini karena sempat dilarang, saat ini yang muncul adalah rasa nasionalisme dan kesadaran terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Negara. Tidak boleh ada ideologi lain selain pancasila”. Tegasnya.
(Evan/red)