Upacara HGN Garut, Kesejahtraan Guru Akan di Tingkatkan

0
28

RADIO RUGERI – Bupati Garut, Rudy Gunawan S.H,.M.H, Jadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Guru Nasional Ke-24 dan HUT PGRI ke-72 Tahun 2017 di Lapangan Otista Alun-Alun Kabupaten Garut, Senin (27/11/17). Dengan tema “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”, terlihat ribuan guru hadir membuat semarak acara tersebut.

Acara peringatan Hari PGRI dan HGN tingkat Kabupaten Garut itu, juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Garut, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Garut, Forkopim Kecamatan Garut Kota, Para Kepala Sekolah mulai dari PAUD hingga SLTA Se-Kabupaten Garut, serta pengurus PGRI yang ada di Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Bupati Garut membacakan Pidato Kemendikbud RI dalam Peringatan Hari Guru Nasional 2017, dalam sambutannya rudy mengungkapakan bahwa kita bersama-sama memperingati Hari Guru Nasional. Marilah kita syukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan tekad bekerja sama bekerja keras mewujudkan dunia pendidikan yang lebih berkemajuan melalui keteladanan guru-guru kita.

“Dengan Tema Hari Guru Nasional kali ini kita membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Perpres tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan”.

Selain itu rudy menambahakan bahwa mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah pikir, dan olahraga. Di samping itu juga Guru dan tenaga pendidik harus mampu mengelola kerja sama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga” ungkap rudy dalam pidatonya.

Rudy menambahakan bahwa Perhatian pemerintah daerah yang menjanjikan tunjangan tambahan dan membuat terobosan kebijakan yang inovatif kepada para guru tentu sangat kita hargai. Melalui kebijakan pemerintah daerah, Alhamdulillah banyak hal-hal yang bisa diatasi.

“Kepada semua asosiasi profesi maupun organisasi Guru tanpa terkecuali, kita patut berterima kasih karena telah menjadikan mitra pemerintah dan mitra Guru khususnya”.

Usai membacakan pidato Bupati Garut menyampaikan kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru menjadi kompeten, profesional, terlindungi, dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia, dan bermartabat, ujarnya.

“Maka seiring dengan itu pula menjadikan tantangan tersendiri bagi eksistensi Guru, yang fungsi dan perannya dipandang penting dalam mencetak dan menyiapkan generasi muda bangsa yang unggul dan kompetitif, cerdas dan aplikatif yang merupakan cita-cita yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” ucap Rudy.

Kedepan, lanjut Bupati, kualitas Guru untuk mempersiapkan lulusan-lulusan anak didik yang cerdas berakhlakul karimah dan memiliki kemandirian dan tanggung jawab tehadap masa depan bangsa ini, telah menjadi tanggung jawab guru baik secara kelembagaan maupun secara individual.
(Evan/red)

LEAVE A REPLY