RSU dr Slamet Garut, Serius Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

RADIO RUGERI – Masukan terkait pelayanan rumah sakit dalam Survei Akreditasi versi 2012 antara Bupati Garut, Rudy Gunawan SH MH, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman beserta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut, dr Maskut Farid MM, dengan Tim Surveior Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) berlangsung di Pamengkang Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (7/12/17).

Saat terakhir melakukan Survei Akreditasi RSUD dr Slamet, tim KARS yang terdiri dari Dr. H. Soeparman Sidik sebagai ketua Tim Surveior, di dampingi dr Dewi Lestarini, Dr Haridini lntan S Mahdi, dan Rohani Azis, mengatakan hasil penilaiannya akan segera dilaporkan ke tingkat pusat.

Usai acara Direktur RSUD dr Slamet Garut mengatakan, pelaksanaan survei yang berlangsung selama empat hari dari 4-7 Desember 2017, secara umum maskut sangat mengapresisasi semangat dari rekan-rekan di RSUD dr Slamet yang mempunyai komitmen tinggi terhadap mutu pelayanan rumah sakit. Seperti tiga aspek yang menjadi fokus pantauan serta penilaian yaitu aspek manajemen, mutu dan keperawatan.

“Informasi sementara dari tim, sebagian besar sudah sesuai dengan standar dan kita semua berkomitmen menindak lanjuti setiap masukan yang diberikan Tim KARS kepada kami. Tunggu hasilnya aja yang akan keluar sebulan lagi kedepan” papar Maskut kepada wartawan.

Maskut juga menambahkan, dalam akreditasi tersebut, harus benar-benar mengedepankan keselamatan dan berorientasi kepada pasien. Jadi, pihak rumah sakit harus bisa menstandarisasi setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Inilah yang memang harus terus kami tingkatkan sebagai pihak yang memberikan pelayanan. Bahkan Tim Surveior memuji berbagai fasilitas pelayanan, kebersihan yang ada di RSUD dr Slamet”.

Di tempat berbeda Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, proses pelayanan yang baik, bukan hanya saat akreditasi tapi harus dilakukan setiap hari. Di mana masyarakat khususnya masyarakat Garut dapat terlayani dengan sebaik mungkin.

“Pemda Garut akan terus berupaya melakukan peningkatan seperti melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pelayanan, sarana dan prasarana, melakukan evaluasi rutin serta menindaklanjuti setiap masukan yang disampaikan baik oleh masyarakat, maupun dewan pengawas RSUD”.

Menurut Rudy bukan hasil akreditasinya, tapi bagaimana pelayanan kepada masyarakat bisa terus meningkat. Ada tidak adanya akreditasi, standar pelayanan harus tetap dijaga kualitasnya, Tukas Rudy.
(Evan SR/red)