“Bugar Band” Berkarya Dari Balik Jeruji Bui

Radio RUGERI.  Tingginya tembok dan jeruji besi tidak menjadi halangan bagi warga binaan Lapas Garut untuk bisa berkarya.  Hal ini disampaikan oleh H. Denden Renno selaku produser “BUGAR Band”, sebuah group band beraliran pop rock yang digawangi 5 orang warga binaan Lapas Garut.   Band yang dibentuk sejak tahun 2015 silam merupakan hasil program kerja dari Lapas Garut dalam mengakomodir warga binaannya yang memiliki skill di bidang musik.

Pada bulan ramadhan 2018 ini, Bugar Band mempersembahkan single religi bertajuk ‘Kembali Pulang’, bercerita tentang harapan dan kesempatan seseorang untuk bertaubat sebelum ajal menjemputnya.

Tak tanggung-tanggung, H. Denden Renno pun menggaet Ahmad Sebastio, pentolan Sahara band untuk menciptakan lagu ini.

Single religi ‘Kembali Pulang’ merupakan pembuktian bagi Pian (drum), Ocoy (guitar), Iman (keyboard), Zulhaq (vocal) dan Jamal (Bass) untuk mampu berkreatifitas meski menyandang status sebagai warga binaan Lapas Garut.

 

Jamal yang merupakan leader dari band ini mengatakan bahwa dirinya bersama teman temannya sangat bersyukur mendapat kesempatan ini, mendapat support dari pihak lapas garut, bisa menyalurkan hobi dan kemampuannya dalam bermusik.  Meskipun dengan adanya keterbatasan, dia berharap bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas.

“Nilai-nilai yang sangat berharga didapat dari figur yang bisa menjadi sebagai teman, sebagai kakak, dan bisa menjadi sebagai bapak dari sosok H. Denden, dalam proses pembinaan kami di lapas garut,  mampu menjadikan kami seperti sekarang ini.  Kami diberi fasilitas, seperti alat alat band, dan kesempatan waktu untuk latihan”.  Terang Jamal.

“Kami tidak diperlakukan seperti stigma orang lain menyangkut penjara, tetapi kami disini dibina, diberikan kesempatan untuk menyalurkan hobi dan keterampilan sesuai dengan kemampuannya masing-masing, ada yang ke meubeler, bengkel dan lain-lainnya” lanjut Jamal.

Melalui penampilan Bugar Band di beberapa event, H. Denden Renno berharap mampu memberi motivasi kepada warga masyarakat luas untuk bisa berkreasi, jangan sampai kalah kreatifitas dengan warga binaan yang hanya memiliki kesempatan terbatas.

“Melalui Bugar Band diharapkan mampu meningkatkan citra positif Lapas Garut, serta menghilangkan stigma negatif penjara yang memiliki konotasi kurang bagus di mata masyarakat.  Disamping itu Bugar band juga telah mampu memberikan input kepada negara dari hasil penjualan RBT, walaupun nilainya masih kecil” ujar H. Denden.

Sebelumnya Bugar Band telah menelurkan single lagu ‘Teralis Benci” dimana lagunya diciptakan khusus oleh Charly VHT.

Bugar Band kali ini akan tampil pada Hari Minggu 3 Juni 2018 pukul 15.30 di Anarto Mall dalam acara Tabligh Akbar bersama Ustadz Cecep Maulana.

Bugar Band ‘Kembali Pulang’ https://www.youtube.com/watch?v=iECfdeVqVr4&feature=youtu.be

(RT)