Sistem Situng Down, KPU Garut Tidak Bisa Umumkan Hasil Real Count Hari Ini

RADIO RUGERI – Pilkada Garut, Di Aula KPU Garut Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, tiga operator bergantian menerima data dari formulir C1 yang dikirim langsung oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

KPU Kabupaten Garut menggunakan Sistem Informasi Perhitungan (Situng) Pilkada dengan sistem cepat. Petugas PPK secara langsung menerima form C1 dari PPK dan langsung dilakukan scan, sedangkan data yang masuk akan langsung diterima secara online dengan valid.

“Kami menyiagakan anggota TNI dan Polri untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak dinginkan. Pada malam ini juga hadir Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna dan Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Aziz,” Ungkap Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, Kamis (28/06/18) malam.

Berdasarkan data yang diterima KPU, ada 38 Kecamatan yang sudah mengirimkan data pada formulir C1. Data yang sudah diinput pada pukul 20.00 WIB terdiri dari Kecamatan 38 Kecamatan. Sementara empat Kecamatan yaitu Malangbong, Garut Kota, Cisompet dan Caringin belum masuk ke KPU.

“Kami berharap agar masyarakat bersabar, karena KPU tidak mau terburu-buru dalam mengumumkan hasil Pilkada. KPU juga masih menunggu proses data dari PPK. Insha Allah dalam waktu 24 jam hasil real count bisa terlihat, namun saat ini ada gangguan di server KPU-RI yang tidak bisa di akses, jadi belum bisa diumumkan dan ini terjadi di Kabupaten lain yang juga sedang melaksanakan entry data,”Tutupnya.

(Haqi/van)