Halal Bihalal Menwa Garut Bahas Berita Hoax Yang Ada Sejak Zaman Rosul

RADIO RUGERI – Berita Islami Resimen Mahasiswa (Menwa) Detasemen Garut Menggelar acara halal bihalal dan ceramah keagamaan dengan mengangkat tema “Melawan Hoax, Radikalisme dan Terorisme Demi Ketuhanan Bangsa, Jum’at (29/06/18) sore di Pondok Pesantren Al-Falah Biru.

Acara tersebut dihadiri oleh pengurus pesantren Al-Falah Biru, Perwakilan MUI Jawa Barat DR Ajid Tahir , Diskominfo Kab. Garut Drs. Diar Cahdiar Antadirdja M.Si, Sebagai Pemateri, Corps Purna Menwa Indonesia Dik Dik Hendrajaya, PPM Garut Agus , santri dan tamu undangan lainnya.

“Supaya menwa bisa berbaur untuk memberi pandangan kepada masyarakat dan santri, tentang berita hoax, mencegah radikalisme dan terorisme, demi keutuhan bangsa Indonesia,”Ujar Aditya Amanda Kosasih S.kom, S.H Sebagai Danden Menwa Garut.

Sedangkan Wakil Ketua MUI Jawa Barat Bagian Dakwah DR Ajid Tahir dalam pidatonya mengatakan bahwa hoax sudah ada sejak jaman Nabi Muhamad SAW.

“Saat itu nabi muhamad sempat percaya berita palsu mengenai istrinya Siti Aisyah yang Selingkuh dengan Safwan, Fitnah itu sempat mengubah sikap Rasulullah SAW kepada Aisyah hingga turunlah surat An-Nur ayat 11-26 yang menyatakan Aisyah terbebas dari selingkuh,”Paparnya.

Bahkan Ulama Pesantren Djamiyah itu berpesan jangan mudah terprovokasi dengan berita yang belum pasti kebenarannya, santri harus terbiasa tabayun jika menerima informasi yang kurang baik.

(van/red)