Wabup Optimis SMAN 1 Garut Juara LSS Tingkat Nasional

RADIO RUGERI – Kedatangan Tim Penilai LSS Pusat, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman merasa optimistis SMAN 1 Garut akan terpilih menjadi juara 1 dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2018.

Ia menilai lingkungan SMAN 1 Garut cukup baik dari segi kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Saya merasa optimis karena sebelumnya sekolah ini juga menjadi juara di tingkat Jawa Barat,” kata Helmi didampingi Asda 1 Didiet Purwadi seusai menerima tim penilai LSS dari pusat, di SMAN 1, Selasa (17/7/18).

Menurut Helmi untuk meraih segalanya tentu harus ada upaya yang lebih maksimal.

“Salah satunya meningkatkan pembinaan, bimbingan pada kebiasaan pola kebersihan dilingkungan sekolah agar seluruh masyarakat di kabupaten Garut juga sehat-sehat,”imbuhnya.

Tim penilai LSS Tingkat Nasional saat berkunjung ke kantor Kecamatan Tarogong Kidul

Sementara disisi lain, Ketua Tim Penilai, Agus Heriyanto mengatakan, ada beberapa komponen penilaian di dalam lomba Sehat Sekolah Nasional terdiri dari beberapa aspek yang pertama adalah sarana dan prasarana, inovasi program, dan prilaku siswa melalui wawancara dan aktion.

“Alat yang kita gunakan ada lembaran observasi, intrumen dan wawancara Khusus, di Jawa Barat ada empat Kabupaten yang terpilih, TK di Kab. Bogor, Sekolah Dasar di Kota Depok, SMP di Kabupaten Sukabumi, dan SMA di Kabupaten Garut. Kalau jumlah peserta seluruhnya ada 96 sekolah di seluruh Indonesia,” kata Agus didampingi Camat Tarogong Kidul, Hj. Lilis Neti setelah berkunjung Ke Kantor Kec. Tarogong Kidul, Selasa (17/7/18) sore.

Lilis menambahkan, selain mengunjungi SMAN 1 Garut, tim juga menilai sekretariat TP UKS/M Kecamatan Tarogong Kidul, dan UKS Kabupaten di Pendopo.

“Kami juga ikut dinilai pointnya kecil hanya sekitar 30 point. Terus terang saja kami merasa optimistis, Garut pasti juara,” katanya.

Sebagaimana diketahui, SMA Negeri 1 Garut dinobatkan Pemprov Jabar untuk mewakili Jawa Barat dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2018.

(van/red)