Pemkab Garut Kembali Mengukir Prestasi Di Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bupati Garut Rudy Gunawan setelah menyerahkan piagam penghargaan dari pemprov jabar

RADIO RUGERI – Anugrah baru bagi Pemerintah Kabupaten Garut yang saat ini kembali meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, prestasi tersebut diraih dalam bidang Pengelolaan Informasi Publik yang diserahkan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat sebagai Kabupaten dengan Laporan Layanan Informasi Publik (LLIP) terbaik kedua setelah Kota Bekasi, acara penyerahan piala dan piagam penghargaan telah diserahkan pada Jum’at, (28/09/18) bertepatan dengan Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Se–Dunia atau International Right To Know Day, di Gedung Sate Bandung.

Disela-sela apel Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan tersebut kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Lapang Apel Sekretariat Daerah, Senin (01/10/18).

Rudy memaparkan bahwa, prestasi yang saat ini diraih oleh Pemerintah Kabupaten Garut merupakan bukti nyata bahwa Pemkab Garut berkomitmen penuh dalam menyampaikan berbagai informasi keterbukaan kepada masyarakat sebagaimana Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

”Kita pasti melakukan transfaransi kepada masyarakat, baik dalam pengelolaan keuangan maupun hasil laporan pembangunan akan kita sampaikan kepada masyarakat Garut”, ungkap Rudy.

Bahkan tambah bupati dua periode itu,  prestasi ini tentunya kami persembahkan untuk masyarakat Garut, dengan harapan menjadi modal kami dalam pengelola pemerintahan yang obyektif dan transparan.

”Harapan kita kedepan mampu untuk menjadi yang terbaik bukan saja tingkat provinsi tetapi di tingkat nasional”, harap rudy saat pidato dihadapan seluruh peserta upacara.

Sebelumnya dalam acara penganugrahan dan pemeringkatan Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) yang dilaksanakan Jumat, (01/10/18),  Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dan Satriana mengatakan, prestasi yang di terima oleh kabupaten atau kota ini merupakan hasil monitoring dan evaluasi Komisi Informasi sebagai yang diatur dalam Undang-undang dan peraturan penjabaran terkait keterbukaan informasi publik.

”Penilainnya mencangkup kabupaten/kota, instansi vertikal dengan lingkup kerja di Jawa Barat, Dewan Pimpinan Daerah/wilayah, partai politik di Jawa Barat, serta Komisi Pemilihan Umum Daerah kabupaten/kota”, Jelasnya.

Tambah Dan Satriana penilaian dari Komisi Informasi ini mencangkup pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat serta monitoring dan evaluasi dilaksanakan terhadap kelengkapan pemenuhan kewajiban dalam mengumumkan informasi publik yang wajib diumumkan secara berkala, menyediakan informasi yang wajib disediakan setiap saat, pembentukan dan dukungan pada pejabat.

”Misalnya Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), penyusunan standar layanan informasi publik, dan laporan pelayanan informasi” ujarnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Dinas Informasi dan Komunikasi Garut, Ricky Rizky Darajat mengatakan, raihan yang di capai tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Kabupaten Garut telah dapat mengimplementasikan Undang-Undang Nomer 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, raihan peringkat dua pun hasil dari monitoring yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat sejak bulan Mei – Agustus 2018.

“Hasil ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Pembantu yang ada di SKPD maupun di Kecamatan, prestasi ini semakin memacu kami dalam bekerja dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Garut,Ujar Ricky.

Riki bersyukur walaupun dirinya hanya meraih peringkat ke dua dalam Laporan Layanan Informasi Publik (LLIP) tingkat Provinsi Jawa Barat, setelah Kota Bekasi.

(Evan/red)